Suzuki Akan Menjual Motor Berbahan Bakar Hidrogen

161025_burgman

BeritaBCA, Tokyo – Tampaknya bukan hanya produsen mobil yang tengah gencar memproduksi mobil bertenaga hidrogen, produsen sepeda motor pun ikut masuk dalam segmen tersebut. Salah satunya Suzuki. Produsen sepeda motor asal Jepang itu berencana untuk menjual motor tersebut secara komersial jika mendapat persetujuan dari pemerintah Jepang.

Dilansir Nikkei, Minggu (27/12/2015), Kementerian Transportasi Jepang akan memberikan izin kepada Suzuki untuk melakukan uji coba di jalanan umum. Izin tersebut diberikan jika Suzuki memenuhi standar dan peraturan yang ditetapkan terkait keselamatan dan dampak pada lingkungan.

Kementerian Transportasi Jepang akan menyusun persyaratan spesifik, standar dan peraturan, soal sepeda motor dengan sel bahan bakar hidrogen. Produsen harus merancang sepeda motor tersebut dengan tangki hidrogen yang benar-benar terlindungi meski dalam situasi kecelakaan.

Rencananya standar dan peraturan tersebut bakal mulai disusun pada Januari 2016. Hal tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan untuk sepeda motor bertenaga hybrid. Jika Suzuki telah memenuhi persyaratan, motor Hidrogen buatan mereka akan diizinkan untuk melakukan uji coba di jalanan umum di Jepang.

Berita lain : Pertamina Hanya Bantu Rio Haryanto 5 Juta Euro

Pertama Suzuki akan menggunakan model skuter bongsor mereka, Burgman dalam produksi motor hidrogen. Untuk produksi, perusahaan asal Inggris, Intelligent Energy Holdings akan bekerja sama dengan Suzuki.

Burgman1

Suzuki Chairman and President Osamu Suzuki berpose dengan Burgman hidrogen. Uni Eropa belum lama ini sudah mengeluarkan Whole Vehicle Type Approval (WVTA) atau semacam surat izin untuk Suzuki Burgman Fuel-Cell yang menandakan kalau motor ini aman untuk digunakan di jalan umum.

Burgman3

Suzuki Burgman Fuel-Cell sendiri pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2009 setelah sebelumnya memperkenalkan Crosscage di 2007 dan telah bekerja untuk membuat motor berbahan bakar hidrogen sejak 2006.

Burgman4

Burgman memiliki baterai dan sel bahan bakar berpendingin udara polimer-elektrolit serta tangki hidrogen. Cara kerja sistem di motor ini dimulai ketika sel bahan bakar menghasilkan listrik melalui reaksi kimia antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) dengan hasil samping air atau H2O.

Baca juga : 2 Film Jagoan Oscar 2016 Ini Bocor Sebelum Tayang

sumber : detik.com

 

BCADOMINO.com situs Agen Judi Online yang merupakan Agen Poker & Agen Domino #1 di Indonesia.

Share

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *