POLISI AKHIRNYA TANGKAP 3 PENGGEDAR UANG PALSU

4545

BeritaBCA,- Polres Indragiri Hulu (Inhu) Riau membekuk 3 pelaku pengedar uang palsu (upal) yang berasal dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Menurut Kapolres Inhu, AKBP Arif Bastari, modus pengedaran uang palsu ini dengan berbelanja di pinggir jalan.

“Modusnya mereka berbelanja di setiap warung yang berada di pinggir jalan. Mereka berbelanja dengan uang palsu pecahan 100 ribu,” kata Aris kepada wartawan, Sabtu (15/7/2017).

Arif menjelaskan, ketiga tersangka adalah, Randa Eka, (23), Jufri Antoni (33), Rifal (18) yang semuanya berasal dari Kabupaten Agam, Sumbar. Ketiganya mengedarkan Upal di Jalan Lintas Timur Sumatera, tepatnya di dusun Putihan, Kecamatan Siberida, Kabupaten Inhu.

Korban yang melapor adalah, Masnauli Boru Siregar. Kejadiannya, pada Kamis (13/7) para pelaku dengan mobil Toyota Avanza nopol BA 1593 BF berhenti di kedai korban. Para pelaku memesan rokok dan makanan ringan.

“Setelah berbelanja mereka membayar dengan uang pecahan 100 ribu dua lembar. Pemilik warung merasa curiga dengan uang tersebut yang dirasakan berbeda dengan uang asli. Setelah dicek, ternyata nomor seri kedua uang tersebut sama,” jelas Arif.

Merasa curiga, kata Arif, korban lantas melaporkan hal itu ke salah satu anggota Polsek Siberida. Setelah dilaporkan, pihak kepolisian langsung melakukan pengejaran.

“Tak lama setelah menerima laporan, tim akhirnya berhasil menangkap pelaku di Desa Kelesa, Siberida,” ujar Arif.

Ketiga pelaku pun digiring ke Mapolsek Siberida. Dalam penggeledahan di dalam mobil, ditemukan berbagai jenis pecahan uang asli. Uang tersebut mereka kumpulkan setelah membelanjakan uang palsu ke setiap warung.

“Mereka menyisir dari Kiliran Jao Sumbar, hingga ke Inhu Riau. Mereka selalu berbelanja dengan uang palsu untuk mendapatkan pengembalian uang asli,” lanjutnya.

Ketiga tersangka mengakui, lanjut Arif, membawa uang palsu pecahan 100 ribu sebanyak 50 lembar dengan total 5 juta.

“Selama dalam perjalanan, mereka sudah berhasil mengumpulkan uang asli sebanyak Rp 3,4 juta. Uang palsu pecahan 100 ribu kebanyakan mereka belanjakan ke rokok. Barang bukti 34 bungkus rokok juga kita sita,” tambah Arif.

Ketiganya mengaku uang palsu tersebut didapatkan dari rekannya bernama Andi dari Jakarta yang mudik saat lebaran lalu.

“Kasus ini masih kita kembangkan lebih lanjut,” tutup Arif.

BCADOMINO.com Situs AGEN POKER dan AGEN DOMINO QQ online Terbaik & terpercaya di Indonesia. Bcadomino.com memberikan pelayanan 24 jam Deposit & Withdraw cepat dan aman dengan minimal deposit hanya Rp.25.000. Kami hadir untuk para pencinta POKER ONLINE dan DOMINO ONLINE uang asli dengan bonus jackpot serta berbagai promo menarik. BCADOMINO.com menggunakan sistem enkripsi server yang tinggi sehingga menjamin keamanan data member. Mari segera bergabung bersama kami BCADOMINO.com agen Judi Poker online Indonesia Terbaik & Terpercaya.

Share

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *