10 Cara mudah mengeringkan smartphone yang terkena air

Sesekali tanpa sengaja, mungkin saja gadget atau smartphone kita terkena air atau terlalu lama di ruangan yang dingin (menggunakan ac). Tentu saja pilihan terbaik adalah dengan memperbaiki, selain karena memang ada pilihan garansi juga karena harga smartphone baru cukup tinggi belakangan ini.

Kami akan memberikan sedikit tips, bagaimana cara mudah jika smartphone anda kemasukan air.

1.Segera ambil smartphone anda dari air tersebut

Tenru saja, jika smartphone anda kemasukan air anda harus cepat kembali mengangkatnya. Menghindari kerusakan yang lebih parah karena air bersifat karat pada elektronik. Semakin cepat anda mengangkatnya maka makin kecil kemungkinan rusak lebih parah.

2.Setelah anda ambil hp anda dari air, buka (keluarkan) casing belakang dan baterai. Ini akan membantu menghindari kerusakan internal kelistrikan baterai. Kemudian dengan tisu atau kain berbahan lembut lainnya, bersihkan smartphone anda dari air.

3.Cabut kartu SIM. kamu juga harus membersihkan dan biarkan kering sampai smartphone anda siap digunakan kembali.

4.Lepaskan semua perangkat eksternal lainnya. seperti headset , kartu memory dan alat lainnya seperti sarung, karet silikon pelindung atau anti gores

5.Jika anda memiliki penyedot debu, anda bisa menggunakannya untuk menyedot air di dalam smartphone anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, arahkan penydeot debu anda di setiap bagian smartphone selama sekitar 20 menit dan jangan lupa untuk membalikkan smartphone anda agar semua sisi dapat dibersihkan. Perhatikan juga jarak antara penyedot debu dan smartphone anda, terlalu dekat juga bisa memnyebabkan kerusakan tambahan yang tidak kita inginkan.

6.Jangan gunakan pengering rambut untuk mengeringkan smartphone anda, walaupun dengan tenaga terkecil dari pengering rambut anda. Ini hanya akan membuat air masuk lebih jauh kedalam internal smartphone yang tentunya sangat berbahaya bagi smartphone anda. Udara hangat dari pengering rambut bahkan bisa membuat beberapa komponen di dalam smartphone meleleh.

7.Anda juga bisa mencoba memasukkan smartphone anda dalam karung beras.

setelah anda menggunakan penyedot debu tadi, butiran air di dalam smartphone akan berubah menjadi embun, beras dapat membantu menyerap embun tadi, meminimalkan resiko karat. Sebelum anda masukkan smartphone anda ke dalam beras, buka (keluarkan) casing belakang dan baterai. Masukkan juga ke dalam beras tadi secara terpisah.

Proses ini bisa memakan waktu 2-3 hari. Lama memang, tapi anda tidak bisa buru-buru untuk mendapatkan hasil terbaik. Ketika dalam proses, ubah posisi smartphone anda di dalam beras untuk mendapatkan hasil yang lebih lagi.

Jika tidak ada beras anda bisa juga menggunakan jel silika (biasanya didapat dalam kantung kecil di sepatu atau baju). silika menyerap air lebih baik.

Periksa smartphone anda setiap 4-6 jam sekali ketika di dalam silika. Jika ada embun di bagian layar, bersihkan dengan tisu atau gunakan kembali penyedot debu.

8.Jemur smartphone di bawah sinar matahari untuk memberikan hasil akhir yang baik.

Anda bisa memberikan alas kain berbahan lembut dan menyerap air, bahkan jika anda mengeringkannya dengan penyedot debu atau memasukkannya ke dalam beras. Cara ini tetap terbaik untuk mengeluarkan air.

9.Setelah setidaknya 24 jam, perhatikan smartphone anda dan pastikan sudah kering. periksa semua bagian, lekukan dan bagian penting lainnya. Jika smartphone terlihat bersih dan kering, anda bisa memasukkan kembali baterai dan mulai menyalakannya. Perhatian khusus jika anda mendengar suara aneh saat menghidupkan, itu karena smartphone anda masih dalam kondisi rusak.

10.Jika smartphone anda terlihat kering tapi tidak mau menyala, itu mungkin karena kehabisan baterai. Hubungkan smartphone dengan charger dan coba hidupkan kembali.

Jika charger juga tidak membantu, anda boleh mencoba menhubungi pihak servis garansi. Jangan katakan jika smartphone anda masuk air, karena mereka akan langsung menolaknya. Lebih jelas anda menjelaskannya lebih mudah mereka mendeteksi dan memperbaiki smartphone anda.

Itulah tadi cara yang bisa anda lakukan ketika tidak sengaja smartphone anda terkena air. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Share

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *